Prakarya dan Kewirausahaan KLS. X SMT 1

| 0 komentar

Prakarya dan Kewirausahaan KLS. X SMT 1


A. Prakarya dan Kewirausahaan

1. Pengertian Prakarya
Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja. Prakarya memiliki pengertian Keterampilan dengan perancangan kerajinan, budidaya, rekayasa ataupun pengolahan bahan yang dirangkai untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

2. Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan adalah proses kemanusiaan yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam memahami peluang, mengorganisasi sumber-sumber sehingga  terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan keuntungan jangka panjang.

3. Pengertian Prakarya dan Kewirausahaan
Prakarya dan Kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengembangan pengetahuan dan melatih keterampilan berbasis seni, teknologi, sosiologi dan ekonomi untuk menciptakan peluang usaha.

4. Pengertian Wirausaha
Wirausaha merupakan pelaku dari kewirausahaan, yaitu orang yang memiliki kreativitas dan inovatif sehingga mampu menemukan peluang usaha yang menghasilkan keuntungan.
Wirausaha berasal dari istilah Wira dan Usaha, wira artinya berani, mulia atau mandiri, sedangkan Usaha berarti kegiatan bekerja.

5. Dalil Tentang Prakarya dan Kewirausahaan

Sebagaimana Firman Allah SWT :                              
وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى
“dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An-Najm  ayat 39)

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:
عَنْ عَاصِمْ بْنِ عُبَيْدِ الله عَنْ سَالِمْ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ للهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُؤْمِنَ الْمُحْتَرِفَ 
(أخرجه البيهقى)
“Dari ‘Ashim Ibn ‘Ubaidillah dari Salim dari ayahnya, Ia berkata bahwa Rasulullah Saw. Bersabda: “Sesungguhnya Allah menyukai orang mukmin yang berkarya.” (H. R. Al-Baihaqi).

B. Rekayasa Usaha percetakan

1. Pengertian Rekayasa
Rekayasa adalah usaha memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari dengan berpikir rasional dan kritis sehingga menemukan kerangka kerja yang efektif dan efisien. Prinsip rekayasa adalah mendaurulang sistem, bahan serta ide yang disesuaikan dengan perkembangan jaman (teknologi) yang baru.

2. Pengertian Usaha
Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba.

3. Pengertian Percetakan
Percetakan adalah salah satu peluang bisnis yang mengelola hasil cetak baik untuk koleksi, promosi dan informasi yang menguntungkan konsumen.

4. Produk
Produk adalah bahan jadi yang telah diolah sebelumnya yang bermanfaat bagi konsumen.

5. Pengertian Rekayasa Usaha Percetakan
Rekayasa usaha percetakan adalah usaha untuk memecahkan permasalahan kegiatan berwirausaha dalam urusan mencetak karya yang bermanfaat.


TUGAS 1 !

1. Carilah minimal 3 usaha lengkap dengan penjelasannya yang berhubungan dengan produk usaha percetakan daerah setempat.

2. Tentukan 1 usaha dari 3 usaha yang didapatkan yang bisa menjadi peluang bisnis  besar didaerah setempat

3.  Jelaskan mengapa usaha yang Anda pilih tersebut dapat menjadi peluang bisnis yang besar didaerah setempat.




Untuk Membuat Desain Percetakan Undangan dan Kartu Nama kali ini kita akan menggunakan Perangkat Lunak pengolah Grafik Yaitu Corel Draw yang Modulnya dapat di Download Pada Link Dan Tombol Berikut :

0 komentar:

Posting Komentar